blog francescajane
perbedaan pada brosur dan poster
January 4, 2022 Comments..0

Sebelum kita berbicara soal perbedaan kedua fasilitas cetak ini, tahukah Anda apa definisi keduanya? Nah, kalau belum tahu, yuk, kita bahas sebentar.

Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia poster punyai 3 pengertian, dua di antaranya adalah:

cetakan yang cuma terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid

selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, namun lengkap (tentang perusahaan atau organisasi)

Dari dua definisi selanjutnya ischak fotografi  mampu kita jabarkan bahwa brosur adalah selabaran cetakan berisi keterangan signkat dan lengkap yang terdiri ari beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid.

ischakfotografi.com

Sementara pengertian poster menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah plakat yang dipasang di daerah lazim (berupa pengumuman maupun iklan).

Setelah sadar definisi keduanya, mari kita kupas karakteristik brosur dan poster untuk menemukan perbedaan keduanya.

Sebuah brosur berasal dari sebuah kertas dengan ukuran tertenu, kebanyakan ukuran A4 maupun F4. Informasi-informasi yang diperlukan dicetak terhadap kedua sisinya, agar mampu berisi sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya informasi. Kertas selanjutnya lantas dilipat menjadi dua maupun tiga bagian agar punyai 4 maupun 6 halaman. Lipatan-lipatan selanjutnya tidak dipotong dan tidak dijilid.

Karena dicetak kedua sisinya, brosur sebetulnya tidak cukup efektif kalau ditempelkan di daerah lazim seperti papan pengumuman, tiang listrik maupun dinding suatu bangunan. Lebih efektif kalau dibagikan segera kepada masyarakat luas secara segera maupun ditaruh di suatu daerah umum, agar orang-orang yang penasaran mampu mengambilnya.

Bila di tempelkan di tempat-tempat seperti papan pengumuman 1 arah, dinding bangunan maupun tiang listrik maka diperlukan setidaknya 2 brosur. Jika cuma satu poster yang ditempelkan, maka Info terhadap sisi brosur yang lain dapat tertutup, orang-orang tidak mampu membacanya.

Memasang dua brosur sekaligus pasti dapat boros, maka kalau sebetulnya harus ditempelkan, sebaiknya brosur ditempelkan terhadap papan koran yang terbuat dari kaca tembus pandang agar cetakan di sisi lain brosur mampu dibaca dari arah papan koran yang lain, tidak harus menempelkan dua brosur sekaligus.

Proudly powered by WordPress | Theme: Postmag by www.postmagthemes.com.