blog francescajane
membeli mobil fortuner bekas dengan kondisi yang terbaik
September 21, 2021 Comments..0

salah satu mobil impian adalah mobil fortuner yang banyak sekali penggemar didalam mobil tersebut, yang diman penggemar tersebut akan membeli mobil maupun dengan cash atau kredit sekalipun ia akan tetap membelinya jika telah sanggat digemari. Mobil ini juga dikatakan menjadi salah satu mobil legendaris pilihan keluarga di Indonesia. Selain karena bisa muat banyak orang, mobil ini juga memiliki beragam fitur canggih serta desain yang sangat elegan.

sejak dulu harga Fortuner jadi problem utama bagi keluarga yang menghendaki memilikinya. Untuk harga keluaran terbarunya saja sudah raih 500 – 800 juta rupiah. Bagi lebih dari satu orang barangkali harga ini tidak seberapa, tapi bagi lebih dari satu lainnya, harga tersebut lumayan sulit diraih.

Tak heran jika banyak orang yang menghendaki dan sepakat untuk membelinya bersama kredit Fortuner yang simulasi pencicilannya disesuaikan bersama ketentuan tempatnya belanja mobil.

Selain ada yang belanja bersama kredit, tak jarang pula para keluarga di Indonesia melacak mobil bekas Fortuner yang masih dalam situasi baik. Biasanya, yang dicari adalah mobil Fortuner bersama mesin diesel.

 Namun, mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang bagaimana cara memilih mobil Fortuner bekas dengan mesin diesel agar mendapatkan mesin diesel yang masih dalam kondisi baik.

Bagi yang belum mengetahuinya, silakan simak beberapa ulasan berikut ini agar kamu tidak salah ketika ingin membeli mobil bekas dengan mesin diesel ini.

  1. melakukan pengecekkan didalam adanya asap knalpot

Cara untuk memastikan mobil bekas Fortuner tersebut layak kamu dapatkan dengan harga Fortuner bekas yang sesuai adalah dengan memeriksa apakah terdapat anomali atau tidak pada asap knalpot ketika mobil dinyalakan.

Biasanya, untuk mobil diesel yang sudah cukup tua, knalpot akan mengeluarkan asap yang keabu-aban dan memang cukup pekat. Perhatikan apakah di sana muncul asap berwarna putih atau tidak. Jika asapnya berwarna putih, biasanya terdapat oli bocor yang terjadi dalam ruang pembakaran.

  1. menghidupkan mobil dengan starter

Jangan terburu-buru untuk membeli mobil Fortuner bekas hanya karena harga Fortuner yang miring. Bisa saja, dengan harga miring tersebut kamu tidak bisa mendapatkan mobil dengan mesin diesel sesuai dengan keinginan.

Cara kedua  untuk menegaskan mutu diesel mobil masih didalam keadaan baik adalah dengan menyalakan mobil berikut dengan menstaternya. Silakan laksanakan starter pas mobil berikut didalam keadaan dingin. Jika didalam lebih dari satu kali starter mobil berikut masih belum menyala, kebanyakan ada masalah di komponen internalnya.

Selain itu, pas mobil menyala, pastikan untuk mengamati nada yang terlihat dari mesin diesel tersebut. Untuk memastikannya, silakan injak pedal gas untuk sadar apa ada kerusakan atau tidak.

Jika nada yang terlihat bertenaga dan terdengar padat, maka mesin diesel mobil berikut mampu dikatakan baik. Namun kecuali ada nada knock pas mesin dinyalakan, kebanyakan ada masalah didalam proses pengapian mesin diesel.

  1. Cek kompresi mesin dengan teliti

Alih-alih melakukan kredit Fortuner, membeli mobil bekasnya juga tidak menjadi masalah asalkan mesin diesel dari mobil tersebut masih dalam kondisi prima. Nah, cara kedua untuk mengetahuinya adalah melakukan pengecekan terhadap kompresi mesin.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan mesin mobil
  • Bukalah penutup saluran oli mesin
  • Lalu injak pedal gas mobil tersebut

Silakan amati apakah ada hembusan angin yang keluar cukup kuat dari saluran oli mesin tersebut atau tidak. Jika ada hembusan udara yang cukup kuat keluar dari dalamnya, kemungkinan besar mesin diesel di mobil tersebut sedang bermasalah atau sedang tidak dalam kondisi yang prima.

  1. Cek tegangan baterai mesin

Cara lain yang bisa kamu lakukan mengetahui apakah mesin diesel dari mobil tersebut masih prima adalah dengan mengecek tegangan dari baterai mesin. Biasanya, mobil memiliki tegangan baterai sekitar 12 volt. Lakukan pengecekan dengan menggunakan voltmeter.

Atau jika kamu maupun penjualnya tidak memiliki volt meter, silakan lihat pada dashboard yang ada pada mobil. Jika kunci kontak masih menyala dan indikator icon baterai tidak menyala, artinya tidak ada masalah apa-apa dalam tegangan baterai mesin mobil diesel tersebut.

  1. Perhatikan kandungan oli mobil diesel

Cara lain untuk memastikan apakah mobil tersebut dalam keadaan baik atau tidak, bisa dengan memperhatikan kandungan oli dalam mesin dieselnya. Caranya mudah, kamu hanya perlu menarik stik oli dan lihat apakah di sana ada kerak atau serpihan kotoran atau tidak.

Jika tidak ada, artinya oli tersebut masih dalam keadaan baik. Selain itu, lakukan pengecekan pada oli apakah tidak pekat atau masih encer. Jika tidak pekat dan masih encer, artinya tidak ada masalah yang perlu kamu khawatirkan.

Hal ini harus kamu hindari karena memang masalahnya cukup berat.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa mendapatkan mobil diesel Fortuner bekas alih-alih membelinya dengan kredit Fortuner namun dengan harga yang sangat tinggi.

Proudly powered by WordPress | Theme: Postmag by www.postmagthemes.com.